Mungkin kamu sedang memerlukan jawaban atas soal: “31. Nama organisasi sosial bentukan Jepang yang dipimpin oleh tokoh-tokoh nasional yang dikenal deng…”, maka sobat sudah berada di website yang benar.
Di laman ini ada pilihan jawaban mengenai pertanyaan tersebut. Yuk ketahui lebih jauh.
——————
Pertanyaan
31. Nama organisasi sosial bentukan Jepang yang dipimpin oleh tokoh-tokoh nasional yang dikenal dengan
sebutan Empat Serangkai adalah ….
A. Putera
B. Barisan Pelopor
C. Jawa Hokokai
D. Masyumi
32. Nama organisasi semi militer bentukan Jepang untuk himpunan kaum wanita berumur di atas 15 tahun
yaitu ….
A. seinendan
B. keibodan
C. heiho
D. fujinkai
33. Pengerahan tenaga rakyat untuk membangun jalan, kubu pertahanan, rel kereta api dan jembatan pada
masa pendudukan Jepang disebut ….
A. hokokai
B. rodi
A. romusha
B. sekerei
34. Tokoh perjuangan berikut yang termasuk dalam garis pergerakan bawah tanah adalah ….
A. Soekarno
B. Achmad Subarjo
C. K.H. Mas Mansyur
D. Ki Hajar Dewantara
35 Dampak penjajahan Belanda bagi masyarakat Indonesia dari aspek pendidikan adalah ….
A. anak-anak Indonesia masih banyak yang buta huruf karena tidak diberi kesempatan mengenyam
pendidikan
B. rakyat Indonesia tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan sehingga hanya bekerja sebagai
buruh kasar
C. bermunculan elit intelektual yang bekerja sebagai guru, administrasi, dan pegawai pemerintah
D. sekolah-sekolah banyak dibangun tapi hanya untuk bangsa Belanda sendiri
36. Pengaruh penjajahan Belanda bagi bangsa Indonesia dari aspek budaya adalah ….
A. rakyat Indonesia dikenalkan uang sebagai alat pembayaran barang dan jasa tenaga kerja
B. kegiatan produksi pertanian dan perkebunan mulai maju dengan ditemukannya teknologi yang
bervariasi
C. sistem pemerintahan kerajaan mulai menghilang diganti dengan pemerintahan kolonial Barat
D. terjadi berbagai perubahan seperti bentuk bangunan, tarian, cara berpakaian, bahasa, dan
kehidupan beragama
37. Pengaruh penjajahan Inggris bagi masyarakat Indonesia dalam aspek ekonomi adalah ….
A. perbaikan tugas dan peran para bupati sebagai kepala pemerintahan
B. rakyat mengenal sistem uang sebagai alat pembayaran
C. terjadi kemiskinan karena lahan pertanian diambil alih Inggris
D. rakyat Indonesia terbiasa menyewakan lahan pertanian
38. Pengaruh penjajahan Jepang bagi masyarakat Indonesia dalam aspek pendidikan adalah ….
A. menghasilkan dunia pendidikan yang menunjukkan adanya peningkatan
B. diajarkan budaya Jepang seperti Nippon Seishin, Kimigayo, Hinomaru, Taiso, dan Seikerei
C. anak-anak sekolah diajarkan semangat kebangsaan Indonesia
D. gedung-gedung sekolah banyak dibangun di berbagai daerah
39. Pada masa penjajahan Jepang bahasa Indonesia dikatakan mengalami perlakuan yang lebih baik
dibandingkan pada masa penjajahan Belanda karena ….
A. Bahasa Indonesia mulai dikenalkan pada masa pendudukan Jepang
B. Bahasa Indonesia dijadikan sebagai bahasa pengantar di berbagai sekolah
C. Bahasa Indonesia hanya menjadi bahasa pengantar pada masa penjajahan Belanda
D. Oleh Jepang Bahasa Indonesia menjadi bahasa utama di sekolah-sekolah
40. Kepada segenap masyarakat sekarang ini dalam menyikapi berbagai peninggalan sejarah pada masa
penjajahan seharusnya ….
A. peninggalan sejarah merupakan hasil kebudayaan masa lampau yang tidak ada manfaatnya
B. masa lampau adalah masa lampau setiap generasi memiliki corak kehidupan sendiri
C. peninggalan sejarah hasil dari bangsa penjajah itu segera dimusnahkan
D. melestarikan peninggalan sejarah sebagai sumber pendidikan dan ilmu pengetahuan​
Jawaban #1 untuk Soal: 31. Nama organisasi sosial bentukan Jepang yang dipimpin oleh tokoh-tokoh nasional yang dikenal dengan
sebutan Empat Serangkai adalah ….
A. Putera
B. Barisan Pelopor
C. Jawa Hokokai
D. Masyumi
32. Nama organisasi semi militer bentukan Jepang untuk himpunan kaum wanita berumur di atas 15 tahun
yaitu ….
A. seinendan
B. keibodan
C. heiho
D. fujinkai
33. Pengerahan tenaga rakyat untuk membangun jalan, kubu pertahanan, rel kereta api dan jembatan pada
masa pendudukan Jepang disebut ….
A. hokokai
B. rodi
A. romusha
B. sekerei
34. Tokoh perjuangan berikut yang termasuk dalam garis pergerakan bawah tanah adalah ….
A. Soekarno
B. Achmad Subarjo
C. K.H. Mas Mansyur
D. Ki Hajar Dewantara
35 Dampak penjajahan Belanda bagi masyarakat Indonesia dari aspek pendidikan adalah ….
A. anak-anak Indonesia masih banyak yang buta huruf karena tidak diberi kesempatan mengenyam
pendidikan
B. rakyat Indonesia tidak memiliki pengetahuan dan keterampilan sehingga hanya bekerja sebagai
buruh kasar
C. bermunculan elit intelektual yang bekerja sebagai guru, administrasi, dan pegawai pemerintah
D. sekolah-sekolah banyak dibangun tapi hanya untuk bangsa Belanda sendiri
36. Pengaruh penjajahan Belanda bagi bangsa Indonesia dari aspek budaya adalah ….
A. rakyat Indonesia dikenalkan uang sebagai alat pembayaran barang dan jasa tenaga kerja
B. kegiatan produksi pertanian dan perkebunan mulai maju dengan ditemukannya teknologi yang
bervariasi
C. sistem pemerintahan kerajaan mulai menghilang diganti dengan pemerintahan kolonial Barat
D. terjadi berbagai perubahan seperti bentuk bangunan, tarian, cara berpakaian, bahasa, dan
kehidupan beragama
37. Pengaruh penjajahan Inggris bagi masyarakat Indonesia dalam aspek ekonomi adalah ….
A. perbaikan tugas dan peran para bupati sebagai kepala pemerintahan
B. rakyat mengenal sistem uang sebagai alat pembayaran
C. terjadi kemiskinan karena lahan pertanian diambil alih Inggris
D. rakyat Indonesia terbiasa menyewakan lahan pertanian
38. Pengaruh penjajahan Jepang bagi masyarakat Indonesia dalam aspek pendidikan adalah ….
A. menghasilkan dunia pendidikan yang menunjukkan adanya peningkatan
B. diajarkan budaya Jepang seperti Nippon Seishin, Kimigayo, Hinomaru, Taiso, dan Seikerei
C. anak-anak sekolah diajarkan semangat kebangsaan Indonesia
D. gedung-gedung sekolah banyak dibangun di berbagai daerah
39. Pada masa penjajahan Jepang bahasa Indonesia dikatakan mengalami perlakuan yang lebih baik
dibandingkan pada masa penjajahan Belanda karena ….
A. Bahasa Indonesia mulai dikenalkan pada masa pendudukan Jepang
B. Bahasa Indonesia dijadikan sebagai bahasa pengantar di berbagai sekolah
C. Bahasa Indonesia hanya menjadi bahasa pengantar pada masa penjajahan Belanda
D. Oleh Jepang Bahasa Indonesia menjadi bahasa utama di sekolah-sekolah
40. Kepada segenap masyarakat sekarang ini dalam menyikapi berbagai peninggalan sejarah pada masa
penjajahan seharusnya ….
A. peninggalan sejarah merupakan hasil kebudayaan masa lampau yang tidak ada manfaatnya
B. masa lampau adalah masa lampau setiap generasi memiliki corak kehidupan sendiri
C. peninggalan sejarah hasil dari bangsa penjajah itu segera dimusnahkan
D. melestarikan peninggalan sejarah sebagai sumber pendidikan dan ilmu pengetahuan​
Jawaban:
31. A. Putera
32. D. Fujinkai
33. C. Romusha
34. B. Achmad Subarjo
35. A. anak-anak Indonesia masih banyak yang buta huruf karena tidak diberi kesempatan mengenyam pendidikan
——————
Nah itulah solusi mengenai 31. Nama organisasi sosial bentukan Jepang yang dipimpin oleh tokoh-tokoh nasional yang dikenal deng…, semoga dengan solusi tadi dapat bantu selesein masalah teman-teman.
Apabila sobat masih ada pertanyaan lain, [silahkan|tidak usah ragu buat gunakan menu pencarian yang ada di artikel ini.