Bila teman-teman lagi butuh solusi dari soal: Ani melakukan praktikum mengenai pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tanaman jagung setelah selesai…, maka kamu berada di halaman yang tepat.
Di sini ada beberapa solusi mengenai pertanyaan itu. Yuk baca lebih jauh.
——————
Pertanyaan
Ani melakukan praktikum mengenai pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tanaman jagung setelah selesai melakukan praktikum Ani membuat laporan nomor sajikan hasilnya di depan bapak atau ibu guru kegiatan yang dilakukan menunjukkan keterampilan
Solusi #1 untuk Pertanyaan: Ani melakukan praktikum mengenai pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tanaman jagung setelah selesai melakukan praktikum Ani membuat laporan nomor sajikan hasilnya di depan bapak atau ibu guru kegiatan yang dilakukan menunjukkan keterampilan
Kegiatan yang dilakukan menunjukkan keterampilan proses dasar mengkomunikasikan.
Pembahasan
Jenis-jenis Keterampilan Proses Sains
a. Melakukan pengamatan (observasi)
Menggunakan indera penglihat, pembau, pendengar, pengecap dan peraba. Menggunakan fakta yang relevan dan memadai dari hasil pengamatan juga termasuk keterampilan proses mengamati.
b. Menafsirkan pengamatan (interpretasi)
Mencatat setiap pengamatan, menghubungkan hasil pengamatan dan menemukan pola keteraturan dari satu seri pengamatan dan menyimpulkannya.
c. Mengelompokkan (klasifikasi)
Dalam proses pengelompokkan tercakup beberapa kegiatan seperti mencari perbedaan, mengontraskan ciri-ciri, mencari kesamaan, membandingkan, dan mencari dasar penggolongan.
d. Meramalkan (prediksi)
Keterampilan meramalkan atau prediksi mencakup keterampilan mengajukan perkiraan tentang sesuatu yang belum terjadi berdasarkan suatu kecenderungan atau pola yang sudah ada.
e. Berkomunikasi
Membaca tabel, grafik atau diagram, menggambarkan data empiris dengan grafik, tabel atau diagram, menjelaskan hasil percobaan, menyusun dan menyampaikan laporan secara sistematis dan jelas.
f. Berhipotesis
Hipotesis menyatakan hubungan antara dua variabel, atau mengajukan perkiraan penyebab sesuatu terjadi. Dengan berhipotesis diungkapkan cara melakukan pemecahan masalah, karena dalam rumusan hipotesis biasanya terkadang cara untuk mengujinya.
g. Merencanakan percobaan
Menentukan variabel atau peubah yang terlibat dalam suatu percobaan, menentukan variabel kontrol dan variabel bebas, menentukan apa yang diamati, diukur dan ditulis, serta menentukan cara dalam penyusunan rencana kegiatan penelitian perlu ditentukan cara mengolah data untuk dapat disimpulkan, maka dapat merencanakan penyelidikanpun terlibat kegiatan menentukan cara mengolah data sebagai bahan untuk menarik kesimpulan.
h. Menerapkan konsep atau prinsip
Apabila seorang siswa mampu menjelaskan peristiwa baru dengan menggunakan konsep yang telah dimiliki, berarti ia menerapkan prinsip yang telah dipelajarinya. Begitu pula apabila siswa menerapkan konsep yang telah dipelajari dalam situasi baru.
i. Mengajukan pertanyaan
Pertanyaan yang diajukan dapat meminta penjelasan, tentang apa, mengapa, bagaimana, atau menanyakan latar belakang hipotesis. Dengan demikian jelaslah bahwa bertanya tidak sekedar bertanya tetapi melibatkan pikiran.
Pelajari lebih lanjut
- Materi tentang keterampilan proses yg diperlukan dalam kerja ilmiah: brainly.co.id/tugas/161299
- Materi tetang komponen keterampilan proses, pengamatan, inferensi, komunikasi: brainly.co.id/tugas/1474993
- Materi tentang contoh pendekatan keterampilan proses: brainly.co.id/tugas/16789110
—————————–
Detil jawaban
Kelas: VII (SMP)
Mapel: IPA (Biologi)
Bab: Ciri Mahluk Hidup
Kode: 7.4.2
Kata Kunci: keterampilan proses dasar sains
——————
Demikian tanya-jawab mengenai Ani melakukan praktikum mengenai pengaruh cahaya terhadap pertumbuhan tanaman jagung setelah selesai…, diharapkan dengan solusi di atas bisa bantu memecahkan soal kamu.
Kalau kamu masih memiliki soal lainnya, [silahkan|tak usah ragu-ragu buat gunakan tombol search yang ada di laman ini.