Bila kamu sedang perlu jawaban atas soal: Tuliskan kebaikan & keburukan, serta ciri-ciri dari: •pasar monopoli •pasar oligopoli •pasar mon…, maka teman-teman sudah berada di halaman yang benar.
Di sini tersedia beberapa jawaban mengenai soal tadi. Ayok lanjutkan membaca …
——————
Soal
Tuliskan kebaikan & keburukan, serta ciri-ciri dari:
•pasar monopoli
•pasar oligopoli
•pasar monopolistrik
•pasar daring
Mohon bantuannya kak:)
Solusi #1 untuk Soal: Tuliskan kebaikan & keburukan, serta ciri-ciri dari:
•pasar monopoli
•pasar oligopoli
•pasar monopolistrik
•pasar daring
Mohon bantuannya kak:)
Jawaban:
A. Pasar monopoli
* Kelebihan:
– Perusahaan monopolis tidak perlu mengeluarkan banyak biaya.
– Tambahan penjual akan meningkatkan efisiensi dalam produksinya.
– Sumber daya alam dapat terjaga.
– Hak kekayaan intelektual seseorang dapat terlindungi.
* Kekurangan :
– Produksi tidak optimal dan efisien.
– Konsumen terikat akan pasar tersebut dan tidak bisa berpindah ke penjual lain.
– Produsen memegang keuntungan yang mutlak.
* Ciri-ciri :
– Tidak ada barang lain yang dapat digantikan oleh penyedia lainnya di pasar tersebut.
– Hanya terdapat satu pihak yang menjual barang, tetapi memiliki banyak pembeli.
– Pihak yang mencoba bersaing memiliki hambatan yang besar seperti undang-undang, teknologi atau bahkan modal yang cukup besar.
– Penjual dapat menentukan harga sesuai dengan keinginannya.
B. Pasar oligopoli :
* Kelebihan :
– Persaingan yang ketat menjadikan setiap perusahaan sangat mengupayakan inovasi dan menjaga kualitas terbaiknya.
– Harga produk menjadi lebih sesuai dengan keinginan konsumen.
– Meskipun tidak banyak, tetapi setidaknya konsumen punya beberapa pilihan merek yang sesuai dengan keinginannya.
– Kegiatan produksi menjadi lebih efektif.
* Kekurangan :
– Produsen baru sulit untuk masuk ke pasar sehingga pertumbuhan ekonomi cenderung lambat.
– Kebijakan produsen terbesar (biasanya terlaris) sangat mempengaruhi pasar dibanding produsen lain di bawahnya.
– Oleh karena promosi sangat penting, modal untuk iklan menjadi sangat banyak sehingga bisa menjadi pemborosan ekonomi.
– Sering terjadi perang harga antar produsen.
– Kemungkinan adanya konsumen yang loyal sangat besar terhadap satu merek.
– Memungkinkan banyak hak paten atas suatu produk tertentu sehingga membatasi perusahaan lain untuk melakukan pengembangan produk yang sama.
– Cukup sulit untuk melakukan pemerataan pendapatan.
– Peluang munculnya eksploitasi yang berlebihan dalam kegiatan pasar menjadi lebih besar.
– Perusahaan yang sudah memiliki jam terbang lebih memiliki peluang menikmati skala ekonomis.
* Ciri-ciri :
– Hanya terdapat beberapa produsen yang menguasai banyak konsumen di pasar. Biasanya jumlah produsen tidak sampai 10 perusahaan.
– Produk yang diperjualbelikan bisa bersifat homogen, bisa pula beragam.
– Sistem harga menjadi kaku atau cenderung sama karena adanya kepemimpinan harga oleh perusahaan terbesar di pasar (merek yang paling laris).
– Memiliki kurva permintaan dengan elastisitas silang yang relatif tinggi.
– Setiap perusahaan cenderung memberlakukan harga pasar yang umum.
– Promosi dan inovasi merupakan strategi yang sangat penting.
– Promosi melalui iklan atau media dilakukan secara intens. Bisa dilihat di televisi, iklan-iklan produk rumah tangga tersebut selalu tampil.
– Biasanya perusahaan lain atau baru sulit memasuki Pasar Oligopoli yang sudah eksis.
C. Pasar monopolistik
* Kelebihan :
– Bagi pembeli, karena terdapat banyak sekali produsen, pilihan produk pun semakin banyak dan bisa memilih yang terbaik dari yang ada.
– Bagi pembeli, jika produk yang dibeli sesuai dengan ekspektasinya, maka tidak perlu lagi repot-repot mencari produk lain.
– Bagi produsen, dorongan inovasi untuk terus memperbaiki produksi agar tetap bisa bersaing di pasar monopolistik ini menjadi suatu efek positif.
– Bagi produsen, pasar monopolistik memiliki konsumen yang besar dan keuntungan yang menjanjikan.
* Kekurangan :
– Bagi produsen, karena persaingan yang sangat ketat, tanpa pengalaman dan modal yang kuat akan dengan mudah keluar dari pasar ini.
– Bagi produsen, biaya produksi dari produk dalam pasar monopolistik ini pastinya sangat tinggi karena tuntutan untuk selalu berinovasi.
– Bagi produsen, harus mengeluarkan biaya lain yang mungkin lebih besar dari biaya produksi.
* Ciri-ciri :
– Ada banyak produsen.
– Ada diferensiasi produk yang dijual.
– Harga produk ditentukan oleh produsen.
– Keluar masuk pasar lebih mudah dilakukan.
– Promosi mau tidak mau wajib dilakukan.
D. Pasar daring :
* Kelebihan :
– Mudah dijalankan.
– Jangkauan pasar lebih luas.
– Modal yang diperlukan tidak terlalu besar.
– Tidak memerlukan tempat.
– Memerlukan karyawan yang lebih sedikit.
– Waktu fleksibel.
– Produk yang dijual bervariasi.
* Kekurangan :
– Persaingan ketat.
– Kredibilitas diragukan.
– Konektivitas internet.
* Ciri-ciri :
– Memiliki fitur keamanan.
– Foto produk asli dan berkualitas tinggi.
– Menyediakan customer service selama 24 jam.
– Mencantumkan alamat dan nomor telepon yang jelas.
– Menampilkan halaman testimonial.
Penjelasan:
Semoga membantu:)
——————
Demikian solusi mengenai Tuliskan kebaikan & keburukan, serta ciri-ciri dari: •pasar monopoli •pasar oligopoli •pasar mon…, diharapkan dengan jawaban tadi dapat membantu memecahkan soal teman-teman.
Jika teman-teman masih punya soal lain, [silahkan|tidak usah ragu buat pakai tombol search yang ada di halaman ini.